Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK Mapel Bahasa Prancis

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN 

Mata Pelajaran                     : Bahasa Prancis 
Bidang Keahlian                   : Seluruh Bidang Keahlian 
Program Keahlian                : Seluruh Program Keahlian 
Kompetensi Keahlian           : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) 
Jam Pelajaran                       : 488 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Prancis pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Prancis.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar,mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Membiasakan tindak tutur menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf (saluer, prendre congé, re mercier et s’excuser ) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf (saluer, prendre congé, re mercier et s’excuser ) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.2 Memahami tindak tutur untuk menyatakan jati diri dan deskripsi fisik dari diri sendiri dan orang lain (presenter son identité et décrire quelqu’un) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.2 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan jati diri dan deskripsi fisik dari diri sendiri dan orang lain (presenterson identité et décrire quelqu’un) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.3 Melatih tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang informasi yang berkaitan dengan ungkapan jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan angka serta huruf (heure, jour, date, mois, année, saison et demander des informations personnelles) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.3 Mempertunjukkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang informasi yang berkaitan dengan ungkapan jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan angka serta huruf (heure, jour, date, mois, année, saison et demander des informations personnelles) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.4 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda-benda dan tempat umum, rambu-rambu, serta instruksi dan petunjuk arah (des choses, des lieux publics, signes, les panneaux,les instructions et les direction) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.4 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang benda- benda dan tempat umum, rambu-rambu, serta instruksi dan petunjuk arah (des choses, des lieux publics, signes, les panneaux, les instructions et les direction) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.5 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakantentang kehidupan di sekolah (la vie scholaire, les matières, les horaires et les gouts) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan danmenanyakan tentang kehidupandi sekolah (la vie scholaire, les matières, les horaires et les gouts) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.6 Menganalisis tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan sifat dan karakter benda serta orang dalam keluarga (la famille : caractères de personnes et de choses) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.6 Mengembangkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan sifat dan karakter benda serta orang dalam keluarga (la famille : caractères de personnes et de choses) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.7 Menerapkan tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta dan mengungkapkan pendapat (demander et proposer des opinions) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.7 Menyusun kembali tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, meminta dan mengungkapkan pendapat (demander et proposer des opinions) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.8 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang aktivitas sehari-hari (activité quotidienne et donner des explications) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.8 Memodifikasi tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang aktivitas sehari-hari (activité quotidienne et donner des explications) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.9 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan (la disponibilité et la volonté) melakukan suatu tindakan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.9 Mengombinasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan (la disponibilité et la volonté) melakukan suatu tindakan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.10 Menganalisis bentuk bentuk undangan dan ucapan selamat (invitation et f élicitation) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.10 Merancang bentuk bentuk undangan dan ucapan selamat (invitation et f élicitation) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.11 Menganalisis bentuk komunikasi pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (messages courts et annonces) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.11 Merumuskan bentuk komunikasi pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (messages courts et annonces) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.12 Memahami wacana sederhana tentang prosedural panduan penggunaan alat dan manual (texte procedural) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.12 Merumuskan wacana sederhana tentang prosedural panduan penggunaan alat dan manual (texte procedural) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.13 Membandingkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan keharusan dan himbauan (obligation et sugession) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.13 Merumuskan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan keharusan dan himbauan (obligation et sugession) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.14 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan (objectif) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.14 Merancang kembali tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan (objectif) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.15 Mengekspresikan tindak tutur untuk menyuruh dan melarang (demander quelqu’un de faire quelque chose et interdiction) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.15 Memodifikasi tindak tutur untuk menyuruh dan melarang (demander quelqu’un de faire quelque chose et interdiction) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.16 Melatih tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian pada waktu yang akan datang (indicative futur) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.16 Mengimplementasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian pada waktu yang akan datang (indicative futur) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.17 Melatih kembali tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (indicatif passé compose) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.17 Mengimplementasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (indicatif passé compose) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.18 Mengevaluasi beragam bentuk wacana khusus bidang keahlian profesional dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.18 Memproduksi beragam bentuk wacana khusus bidang keahlian profesional dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran: Bahasa Prancis Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah ini Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini


Terima kasih telah membaca artikel tentang KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK Mapel Bahasa Prancis di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com