Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK Bahasa Korea

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Mata Pelajaran                   : Bahasa Korea
Bidang Keahlian                 : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian              : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian         : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) 
Jam Pelajaran                     : 488 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang prosespembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Korea pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, daninternasional. 

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Korea.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami huruf Hangeul dan pelafalan, penulisan suku kata, penekanan/ intonasi dari kalimat dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat 
4.1 Mendemonstrasikan pelafalan Hangeul, penulisan suku kata, penekanan/ intonasi dari kalimat dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
3.2 Mengaplikasikan tindak tutur menyapa (인사말), berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.2 Menyusun tindak tutur menyapa (인사말), berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.3 Merumuskan cara memberi tahu dan meminta informasi (자기소개) terkait identitas diri (meliputi nama, usia, alamat, nomor telepon, email, asal daerah, kelas dan asal sekolah), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.3 Merancang cara memberi tahu dan meminta informasi (자기소개) terkait identitas diri (meliputi nama, usia, alamat, nomor telepon, email, asal daerah, kelas dan asal sekolah), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.4 Menarapkan ungkapan bilangan korea asli, bilangan sino korea, nama hari dan tanggal, jam (waktu), cuaca (날짜와 요일과 시간) dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.4 Mengkomunikasikan tindak tutur berupa teks yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan bilangan korea asli, bilangan sino korea, nama hari, tanggal, jam (waktu), cuaca (날짜와 요일과 시간) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
3.5 Mengklasifikasikan sebutan (단위명사), sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public yang dekat dengan kehidupan sehari hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.5 Mengimplementasikan sebutan (단위명사), sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi soaisal, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.6 Menganalisis kegiatan (yang sedang di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak dilakukan) atau merupakan kebenaran umum secara formal,informal dan onorifik, (기본문법), seperti: Kegiatan sehari – hari, kegiatan keseharian, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsurkebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya 
4.6 Mengkomunikasikan kegiatan (yang sedang di lakukan, sudah di lakukan, akan dilakukan, tidak dilakukan) atau merupakan kebenaran umum secara formal, informal dan honorifik (기본 문법), seperti: Kegiatan sehari – hari, kegiatan keseharian, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
3.7 Mengklasifikasikan cara mengemukakan keinginan, kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.7 Merancang cara mengemukakan keinginan, kehendak, kemauan, kegemaran, ajakan, mengundang dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.8 Memahami cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda (위치와 방향, 장소,) sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.8 Menyusun cara menyebutkan arah, letak suatu tempat dan benda (위치와 방향, 장소,) sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.9 Menganalisis cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya 
4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan emperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan dan bertanya
3.10 Menggambarkan tindakan untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.10 Memodifikasi tindakan untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.11 Menguraikan alasan dan ketidakmampuan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.11 Mengkoordinasikan tindakan dalam ungkapan alasan dan ketidakmampuan untuk menunjukan kemampuan diri sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.12 Mengidentifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta,menyatakan rencana terkait topik cuaca sesuai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.12 Memodifikasi cara memberitahu dan menanyakan fakta, menyatakan rencana terkait topik cuaca sesuai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.13 Mengidentifikasi cara meminta sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis 
4.13 Memformulasikan cara meminta sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.14 Menerapkan ungkapkan terkait pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.14 Mendeskripsikan ungkapan terkait pengalaman berwisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.15 Menerapkan ungkapan terkait janji pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.15 Mendeskripsikan ungkapan terkait janji pertemuan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.16 Menerapkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.16 Mengembangkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telpon, fax, email, surat dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.17 Menerapkan ungkapan terkait lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.17 Menciptakan kembali ungkapan terkait lalu lintas dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.18 Menemukan ungkapan kegiatan jual beli serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.18 Merancang ungkapan kegiatan jual beli serta perubahan ajektiva dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan
3.19 Mengevaluasi ungkapan harapan dan tujuan di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan 
4.19 Memproduksi ungkapan harapan dan tujuan di berbagai macam hari libur dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran: Bahasa Korea Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah ini Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini

Terima kasih telah membaca artikel tentang KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK Bahasa Korea di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com