Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KI & KD Mapel Bahasa Jerman SMK/MAK Kelas X K 2013 Revisi 2017

KI & KD Mapel Bahasa Jerman SMK/MAK Kelas X K 2013 Revisi 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Mata Pelajaran                 : Bahasa Jerman
Bidang Keahlian               : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian            : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian       : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun)
Jam Pelajaran                   : 488 JP (@ 45 Menit)


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Jerman pada tingkat teknis, spesifik,detil, dan kompleks,berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Jerman.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinyadi sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasanlangsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan Mengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4
3.1 Memahami tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks 
4.1 Mendemontrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
3.2 Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks 
4.2 Mendemontrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait memperkenalkan diri dan orang lain, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
3.3 Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal,bulan, tahun, musim dan angkadengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.3 Mengembangkan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang jam, hari, tanggal, bulan, tahun, musim dan angka dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
3.4 Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.4 Mendemontrasikan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi tentang benda dan bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
3.5 Memahami tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.5 Mengelompokan tindak tutur untuk memberi dan meminta informasi terkait lingkungan sekolah sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
3.6 Memahami tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi menyatakan dan menanyakan sifat/ciri terkait orang dan benda dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks nterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.6 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan terkait sifat/ciri orang dan benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
3.7 Menerapkan tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.7 Memodifikasi tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.8 Menganalisis tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.8 Memodifikasi tindak tutur untuk menerima dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur struktur teks,dan unsurkebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.9 Memahami isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon (Anrufbeantworter) pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder) dan statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat tinggal, sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.9 Menyajikan isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk daftar menu, iklan singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (Zettel/ Informationschilder) dan statistic terkait benda di rumah, orang, pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan
3.10 Menganalisis isi teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen), iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge), pengumuman lisan(Durchsage), agenda kegiatan(Terminkalender),tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait kegiatan waktu senggang dan perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan kegiatan waktu senggang dan perjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.10 Menyusun teks khusus lisan dan tulis pendek dan sederhana berbentuk pengumuman singkat (kurze Mitteilungen),iklan singkat (kurze Anzeigen), papan petunjuk (Hinweisschilder/ Aushänge), pengumuman lisan (Durchsage), agenda kegiatan (Terminkalender), tiket perjalanan (Fahrkarte), jadwal perjalanan (Fahrplan), statistik, rencana perjalanan (Reiseprogramm), terkait kegiatan waktu senggang danperjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan kegiatan waktu senggang danperjalanan/wisata sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 

KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4
3.11 Memahami tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.11 Mengimplementasikan tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait lingkungan pekerjaan sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
3.12 Memahami tindak tutur untuk memberi dan menerima instruksi terkait pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.12 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk memberi/menerima instruksi terkait pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.13 Memahami teks prosedural berbentuk panduan alat dan manual pekerjaan dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan 
4.13 Menyajikan teks prosedural berbentuk panduan alat dan manual dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan
3.14 Mengevaluasi tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.14 Menggunakan tindak tutur untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teksinterpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.15 Mengevaluasi tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan 
4.15 Menggunakan tindak tutur untuk meminta dan memberi informasi terkait aktivitas sehari hari dan penjelasannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur struktur teks,dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.16 Mengevaluasi isi teks khususlisan dan tulis berbentuk iklan singkat, surat/undangan pribadi, E-Mail,pesan telepon nrufbeantworter) pesan singkat dan pengumuman /pemberitahuan(Zettel/Informationschilder) terkait benda di rumah, orang, pekerjaan, di lingkungan tempat tinggal, sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan 
4.16 Merancang kembali isi tekskhusus lisan dan tulis berbentuk iklan singkat, surat/undangan pribadi, E- Mail, pesan pada telepon (Anrufbeantworter), pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (Zettel/Informationschilder) terkait benda di rumah, orang, pekerjaan di lingkungan tempat tinggal sesuai konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran: Bahasa Jerman Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah ini Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini


Terima kasih telah membaca artikel tentang KI & KD Mapel Bahasa Jerman SMK/MAK Kelas X K 2013 Revisi 2017 di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com