Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Mandarin SMK/MAK

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Mata Pelajaran                          : Bahasa Mandarin 
Bidang Keahlian                        : Seluruh Bidang Keahlian 
Program Keahlian                     : Seluruh Program Keahlian 
Kompetensi Keahlian                : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) 
Jam Pelajaran                            : 488 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Mandarin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Mandarin.Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami, dan mengidentifikasi bunyi pelafalan 汉语 拼音 ( 声母, 韵母 和声调 ) ujaran kata, frasa atau kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat. 
4.1 Mendemonstrasikan pelafalan bunyi 汉语拼音( 声母, 韵母 和声 调, ujaran kata, frasa atau kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat.
3.2 Memahami tindak tutur menyapa ( 问好 ), berpamitan ( 再见 ), mengucapkan terima kasih ( 说感谢), dan meminta maaf ( 抱 歉), serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis. 
4.2 Memproduksi teks sederhana mengenai tindak tutur menyapa ( 问好 ), berpamitan ( 再见),mengucapkan terima kasih ( 说感 谢), dan meminta maaf ( 抱歉), serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis.
3.3 Mengaplikasikan cara memberi tahu dan meminta informasi terkait identitas diri ( 个人信息 )(meliputi nama ( 名字 ), usia ( 岁 ), alamat ( 地址 ), nomor telepon (电话号码 ), Email, asal daerah, kelas ( 班级) dan sekolah 学校生), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.3 Menyusun cara memberi tahu dan meminta informasi terkait identitas diri 个人信息 (meliputi nama( 名字 ), usia ( 岁 ), alamat ( 地址 ), nomor telepon (电话号码), Email, asal daerah, kelas 班 级 dan sekolah 学校生活), sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.4 Menerapkan ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星期 ), tanggal ( 日), bulan ( 月), tahun ( 年 ), dan jam ( waktu ) ( 点 / 时 间 ) dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.4 Mengkomunikasikan ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星 期 ), tanggal ( 日), bulan ( 月 ), tahun( 年), jam ( waktu ) (点 / 时 间 )dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5 Mengidentifikasi sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.5 Mendemonstrasikan sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.6 Menganalisis kegiatan yang sudah dilakukan, sedang dilakukan dan ingin dilakukan dalam kegiatan sehari-hari sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.6 Mengkomunikasikan kegiatan yang sudah di lakukan, sedang dilakukan dan ingin di lakukan dalam kegiatan sehari- hari,sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.7 Memahami cara mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.7 Mengimplementasikan cara mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.8 Mengidentifikasikan nama nama arah ( 方向 ), letak suatu tempat dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.8 Mendemonstrasikan cara menyebutkan arah ( 方向 ), letak suatu tempat dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.9 Menganalisis cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.10 Menerapkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.10 Mengembangkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaanpada teks interaksi transaksional lisan dan tulis

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.11 Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (指令 instruction) dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.11 Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (指令 instruction), tanda dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.12 Menganalisis teks prosedur sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial,stuktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.12 Memformulasikan teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.13 Mengidentifikasi cara memberi tahu fakta dan rencana terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.13 Mendemonstrasikan cara memberi tahu fakta terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.14 Mengidentifikasi penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, 才 dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.14 Mengevaluasi penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, 才 dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.15 Menganalisis ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. 
4.15 Mendemonstrasikan ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
3.16 Mengidentifikasi tentang jenis jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. 
4.16 Mendemonstrasikan terkait topik jenis jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
3.17 Menerapkan terkait topik harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu prestasi, serta cara meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis. 
4.17 Mengkomunikasikan terkait topik harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.
3.18 Menganalisis ungkapan terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta cara meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis. 
4.18 Menyajikan teks sederhana terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta cara meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.
3.19 Menerapkan ungkapan terkait topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis. 
4.19 Mempresentaikan teks sederhana terkait topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran: Bahasa Mandari Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah ini Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini

Baca Juga: KI & KD Mapel Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK
                     KI & KD Mapel Bahasa Jepang Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMK/MAK

Terima kasih telah membaca artikel tentang KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mapel Bahasa Mandarin SMK/MAK di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com