Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti KIKD K 2013 Revisi 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Muatan                   : Nasional
Bidang Keahlian    : Semua Bidang Keahlian 
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Jam Pelajaran        : 318 JP (@ 45 Menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1 Bersyukur kepada Allah atas keberadaan dirinya sebagai citra Allah dengan segala kemampuan dan keterbatasannya 
2.1 Bertanggungjawab dalam menerima diri sebagai citra Allah dengan segala kemampuan dan keterbatasannya
1.2 Bersyukur kepada Allah yang menciptakan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat 
2.2 Santun sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
1.3 Bersyukur atas peran dan fungsi suara hati untuk bertindak secara benar dan tepat sehingga dapat berelasi dengansesamanya 
2.3 Bersikap santun menurut peran dan fungsi suara hati untuk bertindak secara benar dan tepat sehingga dapat berelasi dengan sesamanya
1.4 Bertanggung jawab terhadap perkembangan mass media, ideologi dan gaya hidup 
2.4 Bersikap kritis terhadap pengaruh massmedia, ideologi dan gaya hidup yang berkembang
1.5 Beriman kepada Allah melalui Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani 
2.5 Responsif dan proaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani
1.6 Percaya kepada Yesus Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah 
2.6 Bertanggung jawab untuk ikut mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah seturut teladan Yesus Kristus
1.7 Percaya pada pribadi Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat,dan bangkit demi kebahagiaan manusia 
2.7 Peduli terhadap orang lain seperti pribadi Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat,dan bangkit demi kebahagiaan manusia
1.8 Bersyukur atas pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat 
2.8 Responsif dan proaktif menerima pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati,tokoh idola,dan Juru Selamat
1.9 Percaya pada Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman Kristiani 
2.9 Bertanggung jawab mengembangkan hidup sesuai iman akan Allah Tritunggal
1.10 Percaya pada peran Roh Kudus yang melahirkan, membimbing, dan menghidupi Gereja 
2.10 Peduli terhadap pelbagai masalah kehidupan Gereja yang dilahirkan, dibimbing, dan dihidupi Roh Kudus
1.11 Mengagumi Gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka 
2.11 Menyadari Gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka
1.12 Mengakui sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah 
2.12 Peduli pada sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai- nilai Kerajaan Allah
1.13 Bersyukur atas fungsi dan peranan hierarki serta awam dalam Gereja 
2.13 Bertanggungjawab pada fungsi dan peranan hierarki serta awam dalam Gereja
1.14 Mengakui tugas pokok Gereja sesuai kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus 
2.14 Bertanggungjawab atas tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus
1.15 Bersyukur atas hubungan Gereja dengan dunia sehingga dapat terlibat dalam kegem- biraan dan keprihatinan dunia 
2.15 Bekerjasama mengembangkan keterlibatan Gereja dalam kegembiraan dan keprihatinan dunia
1.16 Bersyukur atas adanya hak asasi Manusia, sebagai dasar panggilan untuk ikut serta menegakkan hak- hak asasi manusia 
2.16 Peduli terhadap berbagai permasalahan hak asasi manusia
1.17 Beriman pada Allah sebagai pemberi hidup 
2.17 menunjukkan sikap bersyukur dalam hidup sebagai anugerah Allah
1.18 Bersyukur atas panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut 
2.18 Bertanggungjawab atas panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut
1.19 Beriman kepada Yesus Kristus yang mengajarkan nilai –nilai kehidupan 
2.19 Bekerjasama untuk memperjuangkan nilai-nilai kehidupan seperti yang diajarkan oleh Yesus Kristus
1.20 Bersyukur atas kemajemukan bangsa Indonesia sebagai anugerah Allah 
2.20 Cinta damai di tengah kemajemukan bangsa Indonesia
1.21 Bersyukur atas adanya semangat dialog dan kerjasama dengan umat beragama lain 
2.21 Proaktif dan responsif untuk berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain
1.22 Bersyukur atas keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara Indonesia 
2.22 Bertanggungjawab sebagai umat Katolik yangterlibat aktif membangun bangsa dan negara Indonesia

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional. 

Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah. 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis diri sebagai citra Allah yang memiliki kemampuan dan keterbatasan 
4.1 Menunjukkan diri sebagai citra Allah yang memiliki kemampuan dan keterbatasan
3.2 Menganalisis jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi 
4.2 Menyajikan jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi
3.3 Menjabarkan peran dan fungsi suara hati sehingga dapat berelasi dengan sesamanya 
4.3 Mengamalkan peran dan fungsi suara hati sehingga dapat berelasi dengan sesamanya
3.4 Menganalisis pengaruh massmedia, ideologi dalam gaya hidup yang berkembang 
4.4 Menyajikan pengaruh massmedia, ideologi dalam gaya hidup yang berkembang
3.5 Menguraikan Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani 
4.5 Menyajikan Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani
3.6 Mengemukakan Yesus Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah 
4.6 Menyadari Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah
3.7 Menganalisis makna sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan Yesus Kristus demi kebahagiaan manusia 
4.7 Mempraktikkan tindakan Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat, dan bangkit demi kebahagiaan manusia
3.8 Mengemukakan pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat 
4.8 Mengamalkan pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat
3.9 Menguraikan Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman Kristiani 
4.9 Merefleksikan Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman Kristiani
3.10 Menerapkan peran Roh Kudus yang membimbing, dan menghidupi Gereja 
4.10 Melaksanakan peran Roh Kudus yang membimbing, dan menghidupi Gereja
3.11 Menguraikan Gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka 
4.11 Mempresentasikan tentang Gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka
3.12 Menerapkan sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah 
4.12 Melaksanakan sifat- sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah
3.13 Menyelidiki fungsi dan peranan hierarki serta kaum awam dalam Gereja Katolik 
4.13 Menyajikan fungsi dan peranan Hierarki serta kaum awam dalam Gereja Katolik
3.14 Menganalisis tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai muridYesus Kristus 
4.14 Mempraktikkan tugas pokok Gereja sesuai dengan kedudukan dan peranannya sebagai murid Yesus Kristus
3.15 Menganalisis hubungan Gereja dengan dunia agar dapat terlibat dalam kegembiraan dan keprihatinan dunia
4.15 Merangkum hubungan Gereja dengan dunia agar dapat terlibat dalam kegembiraan dan keprihatinan dunia 
3.16 Menganalisis hak asasi Manusia, sebagai dasar panggilan untuk menegakkan hak asasi manusia 
4.16 Melaksanakan perjuangan Gereja dalam menegakkan hak asasi manusia
3.17 Menganalisis makna dan hakikat bersyukur atas hidup sebagai anugerah Allah 
4.17 Merefleksikan makna dan hakikat bersyukur atas hidup sebagai anugerah Allah
3.18 Mengevaluasi panggilan hidup sebagai umat Allah dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab 
4.18 Mempresentasikan hidup sebagai umat Allah dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab
3.19 Menerapkan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus 
4.19 Merefleksikan nilai-nilai kehidupan sesuai dengan ajaran Yesus Kristus
3.20 Menerapkan kemajemukan budaya bangsa Indonesia sebagai anugerah Allah 
4.20 Mengamalkan kemajemukan budaya bangsa Indonesia sebagai anugerah Allah
3.21 Mengevaluasi makna berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama Lain 
4.21 Mempresentasikan dialog serta kerjasama dengan umat beragama Lain
3.22 Menganalisis makna keterlibatan aktif umat katolik dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia 
4.22 Membangun keterlibatan aktif umat Katolik dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata pelajaran: Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini

Terima kasih telah membaca artikel tentang Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti KIKD K 2013 Revisi 2017 di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com