Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
Diberdayakan oleh Blogger.

KIKD Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti K 2013 Revisi 2017

KIKD Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti K 2013 Revisi 2017
KIKD Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti K 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti
Bidang Keahlian           : Semua Bidang Keahlian
Muatan                          : Nasional
Jam Pelajaran               : 318 JP (@ 45 Menit)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif,
dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalampergaulan dunia.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghayati kebesaran dan kekuasaan Tian atas hidup dan kehidupan di dunia
2.1 Menerima kebesaran dan kekuasaan Tian atas hidup dan kehidupan di dunia
1.2 Menghayati hakikat dan sifat dasar manusia
2.2 Meyakini hakikat dan sifat dasar manusia
1.3 Mengamalkan ibadah kepada Tian, Di, Ren
2.3 Mengamalkan perilaku disiplin dalam menjalankan ibadah kepada Tian, Di, Ren
1.4 Menghayati makna persembahyangan kepada Tian
2.4 Mengamalkan perilaku disiplin dan melakukan sujud dalam bersembahyang kepada Tian
1.5 Mensyukuri karya dan nilai keteladanan para nabi dan raja suci
2.5 Menghargai karya dan nilai keteladanan para nabi dan raja suci
1.6 Mensyukuri keberadaan dan perkembangan agama Khonghucu di Indonesia sebagai karunia Tian
2.6 Menerima keberadaan agama Khonghucu dan perkembangannya di Indonesia sebagai karunia Tian
1.7 Mensyukuri keberadaan tempat dan rumah ibadah umat Khonghucu
2.7 Menghargai keberadaan tempat dan rumah ibadah umat Khonghucu
1.8 Menghayati makna perbedaan, kerukunan, hidup toleran dan harmonis
2.8 Menerima adanya perbedaan sebagai suatu keniscayaan dalam menjalin kerukunan, hidup toleran dan harmonis
1.9 Menghayati Zhongshu (Satya dan Tepasalira) sebagai dasar ajaran Khonghucu
2.9 Menerima Zhongshu (Satya dan Tepasalira) sebagai dasar ajaran Khonghucu
1.10 Menghayati pembinaan diri sebagai kewajiban pokok bagi setiap manusia
2.10 Menerima pembinaan diri sebagai kewajiban pokok bagi setiap manusia
1.11 Meyakini Xiao (perilaku bakti)sebagai pokok kebajikan
2.11 Menerima Xiao (perilaku Bakti)sebagai pokok kebajikan
1.12 Mengimani Nabi Kongzi sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi Muduo)
2.12 Menerima Nabi Kongzi sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi Muduo)
1.13 Menghayati prinsip-prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
2.13 Menerima prinsip-prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
1.14 Menghayati upacara persembahyangan kepada para suci (Shenming)
2.14 Menghargai upacara sembahyang kepada para suci (Shenming)
1.15 Menghayati makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat dan kodrat kemanusiaan
2.15 Meyakini makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat dan kodrat kemanusiaan
1.16 Menghayati makna kebenaran(Yi) sebagai jalan bagi manusia
2.16 Meyakini makna kebenaran (Yi)sebagai jalan bagi manusia
1.17 Menghayati makna kesusilaan (Li) sebagai potensi bagi manusia
2.17 Meyakini makna kesusilaan (Li)sebagai potensi bagi manusia
1.18 Menghayati makna kebijaksanaan (Zhi) sebagai proses berfikir manusia
2.18 Meyakini makna kebijaksanaan (Zhi) sebagai proses berfikir manusia
1.19 Menghayati pentingnya pendidikan dan belajar bagi manusia dalam rangka menggenapi kodrat suci kemanusiaannya
2.19 Mengamalkan perilaku disiplin untuk belajar dalam rangka menggenapi kodrat suci kemanusiaannya
1.20 Menghayati sikap dan perilaku sebagai insan berbudi luhur (Junzi)
2.20 Mengamalkan sikap dan perilaku sebagai insan berbudi luhur (Junzi)
1.21 Menghayati sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna(Zhongyong)
2.21 Menerima sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna(Zhongyong)
1.22 Menyakini kitab suci yang pokok (Sishu) dan kitab suci yang mendasari (Wujing) sebagai pedoman hidup
2.22 Menghayati kitab suci yang pokok (Sishu) dan kitab suci yang mendasari (Wujing) sebagai pedoman hidup
1.23 Menghayati makna Tahun Baru Kongzili (Xinnian) sebagai hari raya agama Khonghucu
2.23 Menerima makna Tahun Baru Kongzili (Xinnian) sebagai hari raya agama Khonghucu
1.24 Meyakini konsep Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
2.24 Menghayati konsep Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
1.25 Menghayati ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
2.25 Meyakini ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
1.26 Menghayati ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di Dao)
2.26 Meyakini ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di Dao)
1.27 Menghayati konsep Sancai(Tian, Di, Ren)
2.27 Meyakini konsep Sancai (Tian,Di, Ren)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian Pendidikan Agama Konghucu dan Budi ekerti.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak,terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

KOMPETENSI DASAR  KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami kebesaran dan keahakuasaan Tian atas hidup dan kehidupan di dunia
4.1 Menceritakan pengalaman spiritual terkait kebesaran dan kemahakuasaan Tian
3.2 Memahami hakikat dan sifat dasar (Watak Sejati) manusia
4.2 Menunjukkan hakikat dan sifat dasar (Watak Sejati) manusia
3.3 Menerapkan ibadah kepada Tian, Di, Ren
4.3 Melaksanakan ibadah kepada Tian, Di, Ren
3.4 Menganalisis makna persembahyangan kepada Tian
4.4 Mengaktualisasikan persembahyangan kepada Tian
3.5 Menganalisis karya dan nilai keteladanan para nabi dan raja suci
4.5 Mengembangkan karya dan nilai keteladanan para nabi dan raja suci
3.6 Memahami sejarah masuknya, perkembangan, keberadaan agama Khonghucu di Indonesia
4.6 Menunjukkan sejarah masuknya, perkembangan, keberadaan agama Khonghucu di Indonesia
3.7 Memahami tempat ibadah umat Khonghucu
4.7 Menunjukkan tempat ibadah umat Khonghucu
3.8 Menerapkan kerukunan, hidup toleran dan harmonis dalam lingkungan masyarakat
4.8 Melaksanakan kerukunan, hidup toleran dan harmonis dalam lingkungan masyarakat
3.9 Memahami makna Zhongshu (Satya dan Tepasalira)
4.9 Menunjukkan sikap dan perilaku sesuai dengan Zhongshu (Satya dan Tepasalira)
3.10 Menerapkan pembinaan diri sebagai kewajiban pokok bagi setiap manusia
4.10 Melaksanakan pembinaan diri sebagai kewajiban pokok bagi setiap manusia
3.11 Memahami makna Xiao (perilaku bakti) sebagai pokok kebajikan
4.11 Menunjukkan makna Xiao (perilaku bakti) sebagai pokok kebajikan
3.12 Menerapkansikap sikap teladan Nabi Kongzi sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi Muduo)
4.12 Melaksanakan sikap teladan Nabi Kongzi sebagai Genta Rohani Tian (Tianzhi Muduo)
3.13 Menganalisis prinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
4.13 Mengembangkanprinsip moral yang diajarkan oleh Mengzi
3.14 Menerapkan upacara persembahyangan kepada para suci (Shenming)
4.14 Mempraktikkan upacara persembahyangan kepada para suci (Shenming)
3.15 Menerapkan makna Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat kemanusiaan
4.15 Mempraktikkan perilaku yang berlandaskan Cinta kasih (Ren) sebagai hakikat kemanusiaan
3.16 Menganalisis makna kebenaran (Yi) sebagai jalan bagi manusia
4.16 Mengintegrasikan makna kebenaran (Yi) sebagai jalan bagi manusia
3.17 Memhami makna kesusilaan(Li) sebagai potensi bagi manusia
4.17 Menunjukkan perilaku yang berlandaskan kesusilaan
3.18 Menerapkan Kebijaksanaan (Zhi) sebagai potensi
4.18 Melakukan perilaku yang berlandaskan kebijaksanaan
3.19 Memahami pentingnya pendidikan dan belajar sepanjang hayat dalam menggenapi kodrat suci kemanusiaan
4.19 Menerapkan cara belajar sepanjang hayat dalam menggenapi kondrat suci kemanusiaan
3.20 Memahami sikap dan karakter seorang yang berbudi luhur (Junzi)
4.20 Menunjukkan sikap dan karakter seorang yang berbudi luhur (Junzi) dalam keseharian
3.21 Menerapkan sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna (Zhongyong)
4.21 Melaksanakan sikap hidup sesuai dengan Tengah Sempurna (Zhongyong)
3.22 Menganalisis bagian dan isi dari masing-masing kitab yang pokok (Sishu) dan kitab yang mendasari (Wujing)
4.22 Mengintegrasikan pemahaman tentang makna ayat suci yang terdapat dalam kitab Sishu dan Wujing
3.23 Mengevaluasi tradisi dan budaya yang biasa dilakukan oleh umat Khonghucu dalam merayakan Tahun Baru Kongzili (Xinnian)
4.23 Mengelola tradisi dan budaya yang biasa dilakukan oleh umat Khonghucu dalam merayakan Tahun Baru Kongzili (Xinnian)
3.24 Menganalisis unsur Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
4.24 Melaksanakan unsur Yin Yang sebagai Jalan Suci Tian (Tian Dao)
3.25 Menerapkan ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
4.25 Melaksanakan ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Manusia (Ren Dao)
3.26 Mengevaluasi ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di Dao)
4.26 Mengintegrasikan ajaran Nabi Kongzi tentang Jalan Suci Bumi (Di Dao)
3.27 Menganalisis konsep Sancai (Tian, Di, Ren)
4.27 Mengembangkan konsep Sancai (Tian, Di, Ren)

Untuk Mendapat File Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti Dalam Bentuk Format PDF Silahkan Download File nya Dibawah ini Atau Bisa Juga Dengan Mengunjungi Halaman Disini
Baca Juga: Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
                     Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Terima kasih telah membaca artikel tentang KIKD Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti K 2013 Revisi 2017 di blog KIKD KURIKULUM 2013 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com